Kamera kamu basah? Ini yang harus kamu lakukan pertama!

Kalau liburan, pasti adaaa saja cerita dari kamera sobat. Bukan foto-foto dari kamera sobat saja yang punya cerita, tapi kamera kamu juga. Dari basah kena hujan, nyemplung di kolam, dan sebagainya – tapi semoga saja tidak. Nah, kalau sampai kamera kamu basah? Ini yang harus kamu lakukan pertama! Tetap tenang ya!

Katanya Leica bagus. Coba aaah dibasahin pas hujan-hujan! (hehehe). Sumber : Camera Cult
  1. Matikan kamera

Kalau kamera kamu jatuh ke dalam air saat dalam mode menyala ataupun kecipratan air saat dan mode menyala cepat-cepat matikan kamera ya. Ingat, tetaplah tenang.

Jika kamu terus menyalakan kamera dalam keadaan basah, kerusakan kameramu malah akan lebih parah.

2. Lepas kartu memori dan baterai

Kartu memori biasanya didesain untuk kebal terhadap cuaca apapun. Namun, ada baiknya untuk melepas kartu memori dan baterai setelah “kejadian” agar daerah tersebut kering.

3. Lepas lensa

Lepas lensa kamu pelan-pelan dari body kamera kamu. Lap segala penjuru lensa dan bersihkan agar air tidak masuk ke dalam sensor.

4. Lap seluruh permukaan kamera

Cek seluruh permukaan kamera kamu. Pastikan tidak ada air di segala permukaan kamera kamu. Lap seluruh permukaan kamera guna untuk menghilangkan air dari permukaan kamera kamu. Lalu, keringkan kamera kamu.

5. Rendam di dalam berasĀ 

Benar, kamu nggak salah baca kok, masukkan saja kamera kamu ke dalam beras. Beras ini akan menyerap seluruh air yang ada di kamera kamu.

Cara-cara berikut ada yang sudah terbukti bisa. Namun, ada yang malah tidak bisa. Sebaiknya, jika kamera kamu malah tidak bisa menyala saat kamu melakukan hal-hal di atas, cepat bawa kamera kamu ke repair service ya!

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here