ISO Tinggi – Grain Tidak Selamanya Buruk

Tips Fotografi – Dalam kehidupan mungkin Sobat pernah mendengar sebuah pernyataan ‘Aturan dibuat untuk dilanggar, bukan?’ Kita sekarang coba mengulas tentang melanggar satu aturan dalam fotografi dengan bereksperimen menggunakan pengaturan ISO tinggi. Apa itu ISO? jika Sobat masih belum memahami kata ini bisa mambaca artikel Mengenal ISO dalam Fotografi.


.



Sebenarnya penggunaan ISO ini bukan merupakan ‘aturan’ fotografi yang sebenarnya, tetapi kebanyakan memang sudah banyak sekali dibahas pada tutorial-tutorial fotografi, bahwa Kita sebisa mungkin menghindari NOISE dan GRAIN pada hasil foto kita dengan menggunakan pengaturan ISO serendah mungkin pada kondisi apapun pencahayaan saat memotret. Penggunaan ISO rendah akan memberikan hasil foto yang halus, bersih dan tajam seiring dengan kondisi pencahayaan waktu memotret tentunya.

Ada waktu-waktu tertentu dimana dengan menaikkan pengaturan ISO ke maksimal bisa menciptakan beberapa efek foto yang menarik, tetapi dilain sisi rekomendasi dari banyak pelatihan tentu kita sebisa mungkin menggunakan ISO rendah.

GRAIN atau foto yang noise bisa memberikan nuansa seperti pasir serta kualitas mentah, dan bagi kebanyakan orang bisa menyajikan mood yang berbeda pada foto tersebut.

Bisa dikatakan bahwa dalam era fotografi digital saat ini akan semakin susah seiring dengan usaha para vendor kamera digital yang mencoba mengurangi NOISE dan GRAIN lebih baik ketika menggunakan pengaturan ISO tinggi. Hal ini mudah dilakukan pada saat era kamera film, dimana memang film dengan ISO tinggi akan menghasilkan nuansa pasir atau Grain yang cantik secara natural. Cara lain untuk mendapatkan GRAIN pada foto-foto yang dipotret menggunakan pengaturan ISO rendah, adalah dengan menggunakan perangkat lunak seperti GIMPΒ atau Photoshop, tetapi bagaimanapun juga bagi kami akan lebih menyenangkan mendapatkan efek GRAIN tersebut pada saat memotret dengan kamera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here