Investasi Ke Bodi Kamera Atau Lensa?

Fotografer Pemula – Kami banyak sekali menemui fotografer baik itu pembaca blog InFotografi, forum-forum online yang sering kali meng-upgrade kamera digital mereka. Beberapa upgrade kamera tersebut dilakukan untuk menggantikan kamera digital yang sudah mereka miliki, meskipun kamera tersebut sebenarnya masih sangat layak digunakan dan memenuhi kebutuhannya. InFotografi kali ini bakal membahas bagaimana sih baiknya kita investasi perangkat fotografi?

 

investasi perangkat fotografi

Tidak ada masalah sebenarnya, Fotografer bisa dikatakan merupakan “Gadget Junkies“, dan tidak dipungkiri kami juga begitu, Tetapi menurut kami lebih baik mengeluarkan uang tersebut untuk hal lain, seperti bepergian dan hunting di tempat eksotis, biaya sekolah anak, atau mungkin studio baru :).

 

Ketika Sobat gatal ingin memiliki kamera Nikon atau Canon keluaran terbaru, kami menganjurkan untuk melihat terlebih dahulu keseluruhan kamera digital kalian. Pertanyaan pertama yang harus Sobat jawab adalah: “Jika saya membeli kamera tersebut, apakah Saya sudah memiliki lensa yang kompatibel?” Pertanyaan kedua adalah: “Apakah kamera yang sudah Saya miliki masih memberi apa yang Saya butuhkan?, relatif baru? dan Apakah hasil foto-fotonya masih bisa diterima?”

 

Jika saat ini Sobat masih menggunakan kamera point and shoot (saku) dan ingin mengupgradenya ke DSLR maka tidak ada masalah, Sobat akan lega ketika mampu untuk melakukannya. Jika Sobat sekarang menggunakan kamera DSLR yang masih berumur Satu atau Dua tahun, tentu itu akan beda cerita. Menurut kami akan terasa aneh jika mengupgrade kamera hanya karena alasan telah muncul versi kamera terbaru. Lakukan upgrade ketika kamera setidaknya berumur Tiga tahun, dan bahkan bisa lebih lama untuk lensa. Jika Sobat masih memiliki kamera yang masih berumur 2 tahun sejak dirilis, maka lebih baik mempergunakan uang untuk membeli atau menambah koleksi lensa berkualitas bagus.

 

Ketika Sobat berinvestasi pada digital SLR, berarti Sobat berinvestasi pada “Sistem”. Sobat membeli sebuah “sitem” yang diperuntukkan bagi lensa ke produsen kamera, baik itu  pada Canon, Nikon, Pentax, Sony ataupun Olympus. Bodi kamera datang dan pergi, tetapi yang lebih riil adalah membangun sistem dengan berinvestasi ke lensa serta aksesoris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here