Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung

Maksudnya, saat adik-adik kecil kamu malah kelihatan berantem dan adik kamu yang paling kecil malah nangis saat difoto. Ugh.

Pernah nggak sih, pas sobat lagi foto keluarga tapi hasilnya jadi canggung banget? Dari senyuman ibu sobat yang canggung karena bingung adik-adik kamu pada berantem gara-gara pose, adik kamu yang masih balita nangis karena takut dengan flash kamera dan lensa kamera yang besar, dan saudara kamu malah jadi bad mood gara-gara kebawa suasana. Canggung banget, kan? Karena hari lebaran sudah sangat-sangat dekat dan merupakan momen penting buat kumpul keluarga dari manapun, nggak perlu foto di foto studio, deh. Mumpung sobat bisa fotografi, kenapa nggak foto sendiri? Ini cara biar foto keluargamu nggak kelihatan canggung, nih! Say goodbye buat background yang polos dan membosankan!

1. Gunakan tripod

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Sumber : Leah Naomi

Iya sih, memang tips ini udah basi banget dan juga tripod malah bikin foto kamu “mati”. Terlalu berat untuk dibawa lah, kalau ada anak-anak kecil yang berlarian kesana kemari, kamu bisa menggunakan handheld agar dapat mengikuti pergerakan mereka dan yang lainnya. Tapi, coba pertimbangkan lagi, nih. Kalau kamu malas bawa fotografer lain dan ingin memotret sendiri, kamu bisa pakai tripod. Tapi kalau kamu memotret keluarga lain, menggunakan tripod akan berguna agar mengurangi kesalahan setting seperti White Balance, ISO, atau Small JPG. Selain itu, menggunakan tripod juga akan menstabilisasi level mata dengan subjek kamu.

 

2. Tentukan Fokus Kamu

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Sumber : Simone Bauer

Kamu pasti nggak mau kan tiap foto kamu fokusnya berbeda-beda? Nah, itu sebabnya peran tripod itu penting. Kalau fokus otomatis kamu rusak, kamu bisa tentukan fokus kamu dan gunakan itu untuk seterusnya. Atau, kamu bisa menggunakan kunci fokus atau back button focus. 

 

3. Mind the heads

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Keluarga dari pebalet Darci Kistler (kiri) dan Peter Martins (kanan), serta anak mereka Talicia (tengah), karya Patrick Demarchelier. Sumber : W Magazine

Jangan lupa, perhatikan kepala. Atur posisi keluarga sesuai dengan level tinggi mereka. Tidak apa-apa untuk menggunakan stool agar mereka bisa berdiri di atasnya, kursi, atau apapun agar tinggi mereka setara.

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Sumber : Hillary Maybery

Nah, ada beberapa orang yang ketika diarahkan posenya, mereka malah terlihat kaku. Kalau begini, kamu bisa mengakalinya dengan tangan di dalam saku, atau tangan di pinggang dan sebagainya agar tidak terlalu kaku.

 

4. Biarkan anak-anak jadi diri mereka sendiri! 

Untuk mengarahkan anak-anak kecil untuk berfoto bakalan memusingkan. Apalagi kalau orang tua sudah menyuruh mereka untuk tidak bandel dan senyum saat berfoto, biasanya mereka akan merasa tertekan. Maka dari itu, bikin suasana foto lebih fun!

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Keluarga Katherine Heighl, foto oleh Patrick Demarchelier untuk W Magazine

Semisal dalam foto keluarga sang aktris Katherine Heighl, ia membiarkan sang anak dalam pangkuannya, juga pangkuan sang ibu, Nancy Heighl, untuk bermain peek-a-boo.

Untuk menciptakan suasana yang lebih rileks, sobat bisa bermain peek-a-boo dibelakang kamera, bawa boneka, dan sebagainya untuk bermain dengan mereka. Asik kan?

 

5. Pose  

Ini Cara Biar Foto Keluargamu nggak Kelihatan Canggung
Keluarga besar sang pembuat parfum KILIAN Perfume asal Prancis, Kilian Hennessy saat tengah berkumpul untuk makan malam besar. Dipotret oleh Patrick Demarchelier untuk W Magazine

Lupakan pose yang membosankan. Yang penting, atur saja kepala mereka agar tinggi mereka sejajar. Seperti foto keluarga besar Hennessy, seru banget!

 

6. Lighting itu penting!

Tentu saja dalam fotografi, lighting sangatlah penting. Make sure agar seluruh anggota keluarga terpapar cahaya dan tidak ada anggota keluarga yang malah nggak “kebagian” cahaya. Pelajari lighting di sini untuk golden hour.

 

Yang terakhir, have fun! Momen lebaran sangatlah penting dan kenapa nggak sempatkan untuk foto bersama? Selamat mencoba!

 

Baca juga :