GIMP : Software Editing Alternatif Photoshop

Tidak sulit untuk mencari alternatif dari Photoshop saat ini, Affinity Photo, Corel PhotoPaint, dan Corel PaintShop Pro menjadi salah satu nama yang bisa menjadi alternatif Photoshop. Namun apabila mencari alternatif Photoshop yang “cuma-cuma”, mungkin satu-satunya yang dapat dikatakan dapat bersaing dengan Photoshop adalah GIMP. Infotografi akan mencoba memperkenalkan GIMP kepada kamu sebagai alternatif Photoshop yang dapat diandalkan, walaupun bukan tanpa kekurangan tentunya.

GIMP adalah program editing alternatif Photoshop yang bersifat Open-Source sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya berlangganan maupun biaya lisensi untuk dapat menggunakan GIMP sesuka hati. Paint.NET juga menjadi salah satu program editing gratis yang bisa digunakan, namun dibandingkan dengan GIMP, kemampuannya cukup terbatas.

  1. Berkenalan dengan GIMP
Alternatif Photoshop
Splash Screen GIMP 2.8

GIMP memiliki tampilan dan penggunaan yang mirip dengan Photoshop. Ketika awal membuka GIMP, kita akan dihadapkan pada tampilan splash screen. Pada sistem uji kami, GIMP bekerja dengan sangat cepat sehingga kami tidak bisa berlama-lama menikmati tampilan splash screen hehe. Pada versi versi terdahulu, setelah melalui tampilan ini, GIMP akan muncul dengan tampilan yang berantakan, karena GIMP memiliki jenis modular window sehingga terlihat kurang rapi. Namun pada versi yang terbaru, GIMP memiliki opsi tampilan single window sehingga lebih rapi, dan terlihat semakin mirip dengan Photoshop

Alternatif Photoshop
Tampilan awal GIMP

Mudah dikenali bukan? Sebagai alternatif Photoshop tentu sudah seharusnya GIMP dibekali dengan tampilan yang memudahkan untuk seseorang melakukan “migrasi” dari ekosistem yang lama ke ekosistem yang baru. Pada panel sebelah kiri, terdapat toolbox yang digunakan untuk melakukan operasi editing seperti selection tools, zoom, text tools, dan lain sebagainya. Sementara di panel sebelah kanan, mirip dengan Photoshop terdapat panel untuk layer, channel, history, dan brush shape. Panel ini bisa kamu kustom secara bebas sehingga tidak terpaku pada tampilan awal seperti ini saja.

  1. Mengedit bersama GIMP
Alternatif Photoshop
Tampilan mengedit warna pada seleksi

Jujur saja, kami apabila menggunakan Photoshop itu lebih banyak menggunakan tool seleksi dan koreksi, karena untuk kebutuhan fotografi memang tidak terlalu banyak menggunakan Photoshop melainkan menggunakan Lightroom, eh tapi Lightroom juga ada alternatifnya loh. Ketika kami mencoba melakukan proses seleksi yang biasa kami lakukan, kami merasakan logika yang sedikit berbeda. Ketika kami menggunakan Photoshop, setelah melakukan seleksi kami bisa klik kanan dan memilih layer via cut / copy. Hal ini tidak kami temukan pada GIMP, setelah kami melakukan seleksi kami tidak menemukan pilihan apapun pada klik kanan. Untuk melakukan hal yang sama, kami harus melakukan Copy ./ Cut secara manual terhadap seleksi tersebut. Langkah yang digunakan sedikit lebih panjang dibandingkan dengan menggunakan Photoshop. Sedikit mengganggu memang, namun apabila sudah terbiasa maka hal ini bukanlah menjadi masalah.

Alternatif Photoshop
Setelah diberi teks, efek lens flare, dan gaussian blur pada Backround

Sebagai alternatif Photoshop, GIMP juga dibekali dengan banyak filter. Filter-filter ini berguna ketika kita melakukan editing pada foto, untuk urusan ini, bisa dibilang GIMP dan Photoshop memiliki tingkatan yang setara. GIMP sebagai alternatif Photoshop memiliki banyak sekali opsi filter yang bisa digunakan, selain itu bisa juga ditambahi dengan plug-ins yang dapat dengan mudah kamu temukan di Internet. Untuk performa filter memang tidak se cepat pada Photoshop (mungkin karena mercury engine) namun bukanlah menjadi masalah besar.

Alternatif Photoshop
History yang lebih Bagus dari Photoshop

namun ada hal yang menjadi perhatian dari kami adalah pada panel history nya yang menurut kami lebih baik daripada yang ada pada Photoshop. Pada GIMP history ditampilkan dengan menggunakan Thumbnail sehingga perubahan yang terjadi sebelumnya dapat dengan cepat diketahui.

GIMP adalah alternatif Photoshop yang dapat diperhitungkan. Kombinasi antara GIMP dan Darktable akan membuat fotografer yang tidak memiliki budget untuk belangganan paket dari Adobe merasa lebih lega. GIMP sangat mumpuni untuk dijadikan alternatif Photoshop yang sesungguhnya. (kbp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here