Apa Saja Perlengkapan Fotografi Outdoor?

Fotografi Ourdoor โ€” Serunya fotografi tidak hanya memotret objek di dalam ruangan, Sobat. Biasanya akrab dengan sebutan fotografi indoor. Nah, kali ini InFotografi ingin berbagi informasi untuk fotografi outdoor.

Ketika terbiasa dengan settingan fotografi indoor, sobat sekalian pasti penasaran persiapan apa saja yang diperlukan untuk fotografi outdoor. Perlu lighting, softbox, flash dan kawan-kawan nggak sih? Tenang dulu, Sobat.

Untuk permulaan, cukup bawa kamera dan lensa yang menurut sobat paling bagus. Yang sudah sobat punya, tentunya. Jangan lupa framing dulu objek yang mau dipotret ya.

Kalau mau hasil yang lebih bagus, bisa nih Sobat bawa kamera, flash, reflector, trigger, lightstand dan softbox. Berikut ini akan kami bagikan info perlengkapan fotografiย apa saja yang perlu dibawa serta apa fungsi alat-alat tersebut.

Fotografi Outdoor – Kamera DSLR

Yang pertama adalah kamera DSLR, dan peralatan lain yang dibutuhkan adalah flash. Untuk flash yang khusus buat fotografi outdoor kami sarankan Sobat menggunakan flash speedlite dari Yongnuo Type 568 EX. Sedikit informasih nih Sobat, flash keluaran dari Yongnuo ini memiliki kemampuan HSS (high speed synchronize) sampai 1/8000. Dengan kemampuan tersebut flash ini sudah bisa dijajarkan sebagai high performance flash.

Fotografi Outdoor – Flash Holder

Selanjutnya yang dibutuhkan adalah 1 unit Flash Holder Type C yang sudah dilengkapi dengan umbrella holder untuk dipasang di lightstand ataupun tripod. Memiliki rotate system dengan ballhead, sehingga memudahkan Sobat InFotografi untuk memposisikan flash.

Fotografi Outdoor – Trigger

Dan bukan itu saja yang Sobat butuhkan. Sobat juga membutuhkan 1 unit trigger. Nah untuk trigger kami rekomendasikan Sobat untuk memakai trigger dari Yongnuo Type YN 622 HSS 1/8000. Karena wireless trigger ini sudah dilengkapi dengan fungsi TTL dan memiliki kemampuan high speed synchronize sampai 1/8000. Sangat cocok bagi para pecinta strobist yang ingin tampil professional.

Fotografi Outdoor – Reflector

Berikutnya, Sobat juga jangan lupa ketika kita mengambil foto outdoor, Sobat juga memerlukan reflector. Reflector berfungsi untuk memantulkan cahaya natural (matahari) maupun pancaran sinar dari lampu/speedlite. Dengan menggunakan reflector kita bisa mendapatkan luasan sinar/pencahayaan yang lebih luas.

Fotografi Outdoor – Lightstand

Selanjutnya, Sobat juga perlu membawa 1 unit lightstand. Lightstand berfungsi untuk menopang flash dan lampu studio. Kami sarankan untuk memakai lightstand excel powerstar yang mempunyai tinggi maksimal 280 cm. Lightstand ini memiliki karakter yang sangat kuat dan kokoh untuk menopang flash dan lampu studio. Selain itu, finishing bahannya halus dan shock kuncinya bukan dari plastic tetapi dari plat logam, sehingga lebih kuat cengkraman untuk menahan beban. Dan lightstand ini juga dilengkapi dengan peer untuk menghindari benturan keras jika kunci shock terlepas.

Fotografi Outdoor – Softbox

Terakhir, Sobat perlu membawa softbox yang berfungsi untuk meminimalisir kebocoran cahaya atau kelebihan cahaya. Kalau Sobat tidak memotret model full badan, Sobat bisa memakai softbox ukuran sedang yang berukuran 60 cm x 60 cm.

Jadi itulah sedikit informasi yang bisa kita berikan kepada Sobat InFotografi tentang alat-alat apa saja yang bisa dibawa untuk melakukan fotografi outdoor. Dan perlu Sobat ketahui untuk memulai sesuatu yang baru janganlah takut untuk memulainya dan biasakanlah untuk banyak mengeksplorasi serta membuat hal-hal baru.

Atau sudah ada yang pernah mencoba dan menggunakan perlengkapan berbeda dari yang kami sebutin di atas? Boleh lho share di kolom komentar, Sobat.ย Selamat mencoba, Sobat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here