Foto Travelling Yang Bebas Blur

Tips Fotografi – Sobat sering bepergian atau travelling ke kota lain? jika YA pasti dong kamera tidak pernah lepas dari badan kalian? πŸ™‚ Ada banyak sekali momen-momen yang menyentuh, indah, dan tidak pernah kita prediksi sebelumnya terjadi setiap hari di kota-kota yang kita kunjungi saat travelling, dan pasti Sobat tidak ingin melewatkan salah satu momen-momen tersebut bukan?. Momen terjadi begitu cepat, sehingga sedikit sekali waktu yang kita miliki untuk mengatur kamera agar bisa mengabadikan kejadian tersebut. Hasil foto yang sering membuat kita kecewa adalah gambar yang blur.


foto travelling
Photo by: CubaGallery

Foto atau gambar blur tersebut bisa dipastikan disebabkan oleh shutter speed yang kita gunakan dibawah 1/60 detik (kecuali foto momen yang diambil saat tengah hari). Ini kenapa pemilihan pengaturan pada ISO AUTO sangat penting, guna menghindari foto-foto yang blur. Dengan pengaturan ISO secara otomatis maka berarti Sobat menginformasikan kepada kamera agar menaikkan ISO secara otomatis jika shutter speed yang digunakan terlalu lambat.

pengaturan iso

Jika Sobat menggunakan fitur ini maka kamera tidak akan membiarkan jepretan dibawah shutter speed yang telah Sobat tentukan. Pada gambar diatas pengaturan shuuter speed minimal ada di 1/250 detik, karena memang kebanyakan orang bisa memotret hand-held secara stabil di kecepatan tersebut.

Untuk menggunkan fitur AUTO ISO di Nikon, Sobat bisa mengakses menu Shooting, dibawah Pengaturan ISO Sensitivity, arahkan ke ISO Sensitivity Auto Control, pilih ON dan pilih minimum shutter speed 1/125, sekarang klik OK πŸ™‚ lalu bagaimana dengan kamera Canon? Tekan dan tahan tombol ISO +/-, gunakan dial sampai huruh A muncul di LCD kalian, lalu pilih 1/125 sebagai shutter speed minimal.

Hal yang terakhir adalah “Sebarapa tinggi batas maksimum ISO yang Sobat perbolehkan?” Kamera DSLR kebanyakan mampu untuk memotret pada ISO 800 dan noise yang dihasilkan juga acceptable, jika Sobat memiliki kamera DSLR keluaran relatif baru, coba set di ISO 1600. Foto dengan sedikit noise masih lebih baik daripada foto blur. Foto blur bisa diartikan Sobat kehilangan satu momen yang berarti.. πŸ™‚

1 COMMENT

  1. Jika Sobat menggunakan fitur ini maka kamera tidak akan membiarkan jepretan dibawah shutter speed yang telah Sobat tentukan (jadi maksudnya mas kalo minimum pengaturanya di shutter 125,kalo kita motret dengan speed lebih dari 125 itu auto iso nya tidak berfungsi ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here