Tips Foto Bokeh Dengan Kamera Saku

Tips Fotografi — Pernahkah Sobat InFotografi melihat hasil foto yang fokus pada satu obyek dan blur pada area sekitar fokusnya. Sehingga foto tersebut seolah memiliki dimensi kedalaman. Karakterisktik tersebut biasa disebut dengan efek bokeh. Efek bokeh inilah yang kemudian memperindah hasil foto Sobat!

Pertanyaannya sekarang adalah, haruskah kita memiliki kamera DSLR untuk memotret dan menghasilkan efek bokeh tersebut? Ternyata nggak lho, Sobat. Cukup berbekal kamera saku (pocket camera), Sobat bisa menghasilkan foto bokeh yang memukau. Kualitas hasilnya memang tidak akan sebagus kamera DSLR atau mirrorless. Namun, tetap bisa kok, Sobat. Berikut tipsnya.

Menghasilkan efek bokeh berbekal kamera saku

Jika Sobat InFotografi memiliki kamera saku yang cukup canggih, Sobat akan mudah menemukan mode aperture priority. Mode inilah yang akan Sobat gunakan. Namun jika pada kamera saku Sobat tidak ada mode ini, Sobat bisa menggunakan mode portrait atau macro.


Baca Juga :


Hal lain yang kemudian Sobat harus pastikan adalah flash. Pastikan flash kamera dalam keadaan off atau mati. Tips selanjutnya adalah mencari lokasi yang memiliki komposisi cahaya yang cukup terang. Untuk itu, lokasi outdoor bisa dipilih. tetapi bukan berarti Sobat tidak bisa menghasilkan foto bokeh dengan lokasi indoor. Bisa kok, Sobat. Caranya, carilah ruangan dengan banyak jendela sehingga cahaya yang masuk juga banyak.

Setelah pengaturan mode, pemilihan lokasi, sekarang yang harus Sobat InFotografi perlu lakukan adalah mencari subyek foto yang kecil dengan tekstur atau kontras yang cukup agar kamera mudah mengunci fokus. Tempatkan subyek foto terpisah dari backgroundnya atau perhatikan jarak antara subyek foto dengan backgroundnya. Pastikan subyek foto berada tidak terlampau dekat dengan backgroundnya. Tujuannya agar kamera dapat mengunci focus pada subyek foto sehingga tidak semua terlihat tajam.

Untuk memperindah hasil bokeh foto Sobat InFotografi, pilih background dengan pola mencolok atau memantul. Contohnya gunakan kaca atau logam sebagai background. Setelah semua terpenuhi, kini saatnya Sobat mulai memotret. Langkah pertama dalam memotret, dekatkan jarak antara kamera saku dengan subyek foto utama. Kunci fokus pada subyek tersebut lalu tekan tombol shutter separuh.

Foto telah diambil, saatnya memeriksa hasil foto tersebut. Periksa hasilnya pada layar LCD. Sobat InFotografi perlu memastikan subyek utama terlihat tajam sementara backgroundnya terlihat blur.

Seperti biasa, Sobat.. Kita open for discussion, ya. Yuk diskusi di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here