Cara memotret sunrise

Memotret matahari terbit atau sunrise itu berarti memotret sesuatu yang sangat relaxing atau malah ketiduran? Well, terjaga ataupun tertidur, memotret matahari yang mulai muncul di horizon sangatlah indah. Cara memotret sunrise, kuncinya adalah ketepatan waktu. Kamu telat sedikit, hilang deh warna ajaibnya. Nah, berikut ini adalah tips dan trik memotret sunrise biar foto sunrise sobat nggak terlihat biasa saja.

Sunrise di Borobudur. Bagus ya? Sumber : Juan Jerez

Lokasi

Sumber : The Wandering Lens

Seperti biasa, lokasi. Lokasi yang bagus untuk dipotret saat sunrise adalah pantai atau tempat yang berundak-undak. Namun, kamu harus mencari lokasi yang lebih baik saat menghadap ke arah timur. Kalau kamu lagi traveling dan kurang familier terhadap cuacanya, kamu bisa cek cuacanya ataupun waktu tepatnya matahari terbit di situs Accuweather.com jadi kamu bisa tahu apakah matahari tertutup oleh sedikit awan atau tidak.

Gear

Canon EF 14mm f/2.8L II USM

Gear yang kamu butuhkan untuk memotret adalah lensa yang wide seperti 7-14mm untuk landscape. Jika kamu ingin memotret yang lebih mendetil, kamu bisa menggunakan 40-150mm. 

Setting kamera

Sumber : The Wandering Lens

30 menit sebelum sunrise – ISO 400, shutter speed 10-20 detik (untuk long exposures) atau  1/400sec – 1/20000sec. Untuk quick shot kamu bisa pakai aperture f/2.8, dengan white balacnce shaded atau cloudy.

saat sunrise – ISO 100, shutter speed 1/2-5 detik, tergantung apa yang ingin kamu cari. Aperture f/14 atau f/6 jika kamu ingin memotret dengan cepat. White balance off auto atau menggunakan Shaded atau Cloudy untuk menciptakan tone yang hangat.

selepas sunrise – ISO 100, Shutter speed 1/15-1/200 sec, aperture f/11 untuk kejernihan atau f/2.8 jika ingin memmotret secara detil dan ingin menciptakan bokeh blur yang bagus.

 

Komposisi

Untuk komposisi, kamu bisa gali kreatifitasmu. Jika kamu memotret di pantai, carilah garis. Arus air yang mengarah ke laut, ombak, dan apa saja untuk mengomposisi sang matahari terbit.

Untuk landscape wide-angle, kamu hanya tinggal cari batu ataupun pohon karena biasanya matahari akan terlihat kecil. Sobat bisa gunakan lensa zoom untuk menunjukkan matahari. Tetaap ingatlah rule of third untuk mengomposisi foto kamu daripada fokus pada horizon yang nantinya akan mati di gambar kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here