Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling

Travelling memang asik. Mengunjungi tempat-tempat wisata, monumen, suasana yang berbeda memang pas banget buat jadi latar belakang foto-foto sobat. Apalagi, dengan adanya handphone, sobat tinggal ambil foto dan langsung upload di sosial media. Tapi, kalau sobat sedang kebetulan membawa DSLR, kenapa tidak menciptakan foto-foto yang bagus dan membuat teman-teman sobat ingin “ikut” ke dalam foto tersebut? Kuncinya satu :¬†komposisi. Be creative dan bermain dengan komposisi untuk foto traveling.

Nggak mungkin juga kan kamu melewatkan momen dimana kamu berdiri di depan menara Eiffel? Tentu saja kamu ingin mengabdikannya dengan indah. Entah dengan langit biru membentang luas di atas menara Eiffel, atau dengan sedikit bunga bermekaran dalam komposisi foto kamu – ini nih kuncinya.

Cari fokus yang tepat

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling

Dengan ada objek wisata seperti monumen dan tampak terlihat jelas, kamu bisa mengakali komposisi dengan mencari fokus yang tepat dengan cara mencari apa yang bisa kamu tonjolkan atau apa yang di depan lensa kamu. Misalnya, di foto ini, sang fotografer menonjolkan daun-daun berguguran di taman Central Park namun bentuk landmark kota Manhattan, New York, masih terlihat di belakangnya (kiri belakang).

The Flatiron Building ini merupakan landmark serta bangunan tertinggi di kota Manhattan, New York.

 

Pencahayaan

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling
Fotografer travel Lisa Michele Burns menggunakan saat-saat sunrise untuk memotret kemegahan menara Eiffel, Paris, Prancis. Sumber : The Wandering Lens

Foto paling bagus itu kalau pas sobat motret monumen atau bangunan landmark kota tujuan sobat dan memperlihatkan langit. Apalagi saat sunset ataupun sunrise. Tinggal cari lokasi saja yang tepat untuk memotret – dapet deh!

 

Tekstur

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling
Sumber : The Wandering Lens

Tonjolkan tekstur dari monumen atau bangunan objek wisata yang kamu foto. Semisal, dalam foto ini, fotografer Travel favorit Lonely Planet, Lisa Michele Burns menonjolkan tekstur menara Eiffel. “Aku sengaja memotretnya dibalik pepohonan agar terlihat perpaduan tekstur antara sesuatu yang dibuat manusia dari besi dan baja serta apa yang dibuat oleh alam,” kata Lisa.

 

Framing

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling

Lebih kreatif lagi dengan memberi sedikit bingkai. Dalam foto ini, sang fotografer naik ke salah satu bangunan dan memotret salah satu landmark New York, Empire State Building dari balik pagar. Masih tetap bagus, kan?

 

Negative Space

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling
Sumber : Cereal Magazine

Negative Space atau jarak yang kosong ini juga bisa sobat gunakan untuk memotret landmark yang ingin sobat foto. Misal, dalam foto ini, majalah Cereal menggunakan langit untuk membuat Flatiron Building terlihat lebih megah.

 

Gunakan Perspektif

Bermain dengan Komposisi untuk Foto Travelling
Sumber : The Wandering Lens

Gunakan garis untuk mengarahkan mata para penikmat foto kamu ke arah apa yang ingin kamu tonjolkan.

Dalam foto ini, Lisa Michele Burns menggunakan garis-garis pepohonan agar fokus mata tertuju pada menara Eiffel.

 

Nah, selamat tinggal foto-foto travel yang membosankan! Selamat mencoba, sobat!

 

Baca juga :