Apa Sih Metering TTL Itu?

Dunia Fotografi – Metering TTL Through-the-Lens atau yang sering disebut dengan TTL adalah cara bagaimana kamera digital mengukur cahaya secara virtual. Cahaya diukur setelah melewati lensa. Pengukuran pada kebanyakan digital kamera biasanya dilakukan oleh sensor gambar. Kamera memiliki pengukur cahaya yang terpisah, dan biasanya menjadi bagian dari sensor autofocus.
metering ttl
 Photo: Jeff Wignal

Salah satu keuntungan menggunakan metering Through-the-Lens (TTL) adalah: Cahaya diukur di dalam kamera, Angle yang dilihat oleh pengukur adalah sama dengan apa yang dilihat oleh lensa, jadi jika Sobat menggunakan lensa wide maka cahaya diukur dari sudut lebar dari lensa tersebut. Dan jika Sobat menggunakan lensa tele (atau merubah zoom ke Focal Length yang lebih panjang), maka metering hanya mengukur cahaya dari sudut pandang (angle of view) yang berkurang.

Keuntungan lain menggunakan metering Through-the-Lens (TTL) adalah pada saat Sobat menggunakan filter yang dipasang di bagian depan lensa. Pengukur melihat cahaya setelah terkena filter. Hal ini berarti bahwa Sobat tidak perlu melakukan kompensasi dengan keberadaan filter. Foto diatas merupakan karya dari fotografer Jeff Wignal dengan menggunakan filter polarizing, yang menyerap cahaya sebanyak 1-2/3 stop. Kita tidak perlu risau akan exposure, karena Metering Through-the-Lens (TTL) sudah mengkompensasinya secara otomatis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here