7 Fakta Hari Fotografi Dunia

Hari Fotografi Dunia – Ketika mendengar bulan Agustus, tentu yang teringat paling cepat adalah momen 17 Agustus yang memperingati hari kemerdekaan Indonesia, namun bagi sobat infotografi sepertinya juga perlu tahu bahwa dua hari kemudian ada hari yang sebenarnya cukup momentum bagi teman-teman fotografer lho. Tanggal 19 Agustus adalah hari Fotografer sedunia! Keren nggak itu? Ada hari yang memang di deklarasikan sebagai harinya para fotografer di seluruh dunia. terus mungkin kalian mikir ya bro apa esensinya hari fotografi se dunia? banyak orang mengatakan bahwa sebenarnya esensi dari hari fotografi sedunia adalah untuk mengingat kembali, bagaimana dulu fotografi itu dan bagaimana sekarang sudah berkembang, ya untuk itu kita harus berterima kasih pada teknologi, terima kasih teknologi! Hehe.

Hari fotografi sedunia memang tidaklah se-heboh hari tentang hal lainnya yang lebih universal, bahkan nggak semua fotografer aware tentang perayaan hari ini loh. Nah, biar ganbro bisa cerita-cerita ke teman yang sama-sama fotografer nih biar dibilang keren dan berwawasan luas, Infotografi mau berbagi nih tentang 7 Fakta Menarik Hari Fotografi Sedunia, pasti sudah penasaran tentang ke tujuh poin tersebut, yuk lanjut baca ganbro!

  1. Alasan Dipilihnya tanggal 19 Agustus

Tanggal 19 Agustus bukan tanpa alasan nih ganbro kenapa dinyatakan sebagai hari fotografi sedunia. Karena pada 19 Agustus 1839 adalah momen dimana Perancis membeli sebuah paten bernama “daugerreotype” yang mana itu adalah sebuah teknik untuk menciptakan sebuah fotografi pada jaman dulu. Setelah pemerintah Perancis membeli paten tersebut, paten tersebut melepasnya dengan bebas untuk dipakai dan dikembangkan oleh semua orang di dunia. jadi inilah awal mula di mana fotografi adalah hal yang terbuka untuk siapa saja.

  1. Apa sih daugerreotype

Namanya memang sulit diucapkan ya namanya bukan bahasa Indonesia kan ganbro hehe. daugerreotype ini adalah sebuah proses fotografi yang mudah diterapkan pertama di dunia. namun jangan bayangkan “mudah” pada tahun 1839 adalah mudah yang sama dengan tahun 2017 ya ganbro, jangan, pokoknya jangan.

  1. Min, admin. Aku pernah tahu ada foto dibuat tahun 1837, terus itu apa?

Haha, ini lucu sih tapi memang begitu. Pada tahun 1837 sudah ada sebuah proses lain yang menghasilkan sebuah fotografi secara utuh, namanya heliography. Namun proses tersebut dirasa sangat sulit dan rumit untuk dapat dilakukan secara praktis dan pada kondisi sebenarnya. Nah, mungkin ini juga yang menjawab ketika ganbro menemukan sebuah foto dengan caption “pembuatan kamera pertama di dunia”. kalau belum tahu sejarah ini mungkin ganbro bakal mikir, “nah ini fotonya pakai apa” hehe. (kbp)

4.  Hari fotografi se-dunia itu bebas!

Sebuah perayaan hari-hari tertentu biasanya diikuti juga dengan sebuah kegiatan tertentu yang memang sudah menjadi tradisi, namun untuk hari fotografi se-dunia itu semua fotografer di dunia berhak menentukan sendiri cara bagaimana dia merayakannya loh. Banyak orang yang memilih untuk pada hari itu memotret dengan kamera jadul untuk “menyegarkan ingatan” tentang bagaimana fotografi di jaman dulu, ada juga yang merayakannya dengan sekedar jalan jalan. Fotografi itu tentang sebuah kebebasan cara pandang ganbro, hehe.

  1. Berbarengan dengan Hari Kemanusiaan Dunia

Duh, cocok banget kalau yang ini kayak sudah klop. 19 Agustus juga bertepatan dengan hari kemanusiaan dunia, dimana kalau dilihat dari cara pandang tertentu fotografi itu juga merupakan bagian dari jiwa kemanusiaan ganbro. fotografi ada yang digunakan untuk menjelaskan tentang kondisi tertentu seseorang yang kemudian akan menarik orang lain untuk membantunya, berarti fotografi juga cocok dong dengan kemanusiaan hehe.

  1. Terima kasih lagi, Teknologi

Esensi sebenarnya dari hari fotografi dunia adalah mengenang bagaimana proses fotografi dari masa ke masa, dan kalau ganbro tahu, masing-masing dari ganbro sebenarnya sudah jadi fotografer loh. Karena ada quotes nih “kamera terbaik adalah kamera yang selalu kamu bawa”. Nah ganbro pasti setiap hari bawa smartphone kan sekarang? Hehe.

  1. Fotografer Indonesia juga Eksis loh di kancah Fotografi Dunia

Memperingati hari Fotografi se-Dunia ganbro juga harus lihat nih bagaimana fotografer Indonesia sudah beraksi, di tahun 2017 ini saja salah satunya ada dua fotografer Indonesia yang masuk penghargaan kompetisi fotografi terbesar dunia loh ganbro! Sony World Photography Awards, dua orang beruntung itu adalah Hendra Permana dengan karyanya Lady in Red, dan Fajar Kristianto dengan karyanya The Billiard Gangster. Keren nggak ganbro? bisa jadi motivasi nih hehe.

Nah, itu ganbro sedikit tentang fakta-fakta menarik seputar Hari Fotografi Dunia, yuk berbagi ceritanya ke teman teman ganbro! (kbp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here