3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!

Fotografi dengan jenis still life lagi kekinian banget nih – apalagi di Instagram. Fotografi still life adalah foto benda-benda mati dengan komposisi yang sedemikian rupa cantiknya. Nah, komposisi ini kini dikenal dengan styling. Karena fotografi still life ini membutuhkan kreatifitas styling yang sangat tinggi, kamu nggak perlu sedih kalau foto kamu sering kelihatan biasa saja. Jangan keburu bilang “nggak kreatif” dulu, sebenarnya ada “ilmu” nya kok. Inilah 3 tips untuk styling foto still life!

1. Perspektif

Ada 3 perspektif yang biasa digunakan : netral, 45° angle, dan bird’s eye (atau flat lay). Nggak ada yang lebih bagus dari ketiga ini, kok. Ingat tiga perspektif ini saja, sobat.

3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!
Hasil fotografi netral. Sumber : Edible Perspective
3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!
Hasil fotografi bird’s eye. Sumber : thelittleplantation

Untuk netral, sobat hanya perlu mengarahkan kamera sejajar dengan level mata. Sedangkan untuk bird’s eye, ambillah tangga dan naik untuk mendapatkan foto dari atas.

Untuk angle 45 derajat, angkat kamera sedikit ke atas.  Seperti foto atas, foto kiri adalah bagaimana cara memegang kamera dan voila, hasilnya seperti yang di kanan! Bagus kan? (Sumber : Mango Street Lab)

 

2. Pengisian frame

3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!
Mengisi frame. Sumber : Mango Street Lab

Kesalahan yang biasa dilakukan para pemula adalah ketika memotret still life (terutama menggunakan bird’s eye angle), mereka memasukkan segalanya ke dalam frame. Alias, semua hal harus terlihat. Dalam pengisian frame, buatlah mereka yang melihat foto kamu serasa diundang untuk melihat hal kecil yang akan membuat kunci dalam cerita kamu. Jangan semua subjek harus terlihat dalam frame.

 

 

3. Garis Lurus vs Kurva S

3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!
Kurva garis S. Sumber : Mango Street Lab

Sama seperti memotret model (yang merupakan manusia), garis sangatlah penting dalam fotografi still life. Garis lurus akan menciptakan kesan maskulin dan agresif; sedangkan kurva S akan menciptakan kesan feminin dan ramah. Tentukan sendiri kesan apa yang ingin kamu ciptakan dan atur prop untuk foto kamu.

3 Tips Untuk Styling Foto-Foto Instagram Kamu!
Kurva Garis S. Cantik kan?

Nah, sudah tahu foto apa yang akan kalian buat? Kalau kamu berhasil membuat foto-foto ini, feel free untuk kirim foto kamu, ya! Ditunggu!

 

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here