25 Rahasia Foto Hebat – Bag. 4

Tips dan Trik Pencahayaan

Teknik Fotografi – Fotografi tidak lain adalah tentang cahaya. Sobat harus mengerti dan memahami bagaimana cahaya bekerja untuk menghasilkan foto foto hebat. Jenis serta posisi cahaya tentu akan memiliki dampak yang beragam pada subyek foto kalian, jadi hal ini sangat penting mengetahui cahaya seperti apa yang bisa menghasilkan foto hebat.


foto hebatPhoto: Petar T


18. Hindari bayangan yang kuat
Ketika cahaya mengenai subyek dari suatu arah, maka ada kemungkinan juga muncul bayangan keras dan kasar. Sobat bisa menggunakan reflektor atau diffuser untuk menghilangkan bayangan tersebut.

19. Gunakan ambient light
yang dimaksud ambient adalah cahaya yang tersedia di sekitar Sobat memotret, baik itu cahaya natural maupun artificial. Posisi cahaya sangat penting untuk mendapatkan foto yang bagus. Jika cahaya berada di belakang subyek maka kemungkinan besar Sobat akan mendapatkan foto yang underexposed, jadi pastikan sumber cahaya berada di depan subyek foto kalian.

20. Gunakan fill-in flash
Jika subyek pada kondisi backlit dan underexposed, Sobat bisa memanfaatkan cahaya flash untuk menambah cahaya pada area gelap. yang perlu diingat bahwa Sobat perlu “memaksa” flash built in agar bisa digunakan, ini berlaku jika sobat memotret pada kondisi cahaya cukup atau pada mode Auto.

21. Bounce Flash
Penggunaan flash yang kurang tepat juga berpotensi menimbulkan cahaya yang keras dan kasar. Jika Sobat menggunakan flash pop-up seperti pada flash bawaan kamera dslr, maka cobalah menempatan secarik kertas untuk merubah arah cahaya kearah atas. Jika Sobat menggunakan flashgun yang bisa dirubah anglenya, maka arahkan  ke tembok putih atau langit-langit ruangan.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here