25 Rahasia Foto Hebat – Bag. 1

Teknik Fotografi – Apakah Sobat mulai merasa frustasi setelah sekian waktu memotret kesana-kemari tetapi BELUM mendapati foto-foto hebat yang Sobat inginkan? simak yuk 25 RAHASIA foto HEBAT yang akan InFotografi ulas di artikel ini! Oh iya.. artikel ini akan dipecah menjadi beberapa bagian yah Sobat.. Have Fun..

 

Rule of Thirds

 

Komposisi bisa memperkuat karakter foto

Komposisi bisa mewakili apa yang Sobat sertakan dalam sebuah foto, dan posisi elemen-elemen yang berbeda dalam satu frame. Yang paling penting adalah memandu penikmat foto agar melihat keseluruhan foto dan mengetahui apa yang menjadi subyek utama. Ada banyak sekali aturan yang membantu Sobat pada saat melakukan komposisi, bahkan beberapa fotografer akan mencoba menggabungkan lebih dari satu aturan. Tidak ada salahnya juga melanggar aturan-aturan tersebut untuk mendapatkan foto yang “eye-catching”.

1. Posisikan Subyek Kalian
Ketika Sobat melakukan framing, bayangkan sebuah grid yang memiliki 9 bagian yang sama pada foto kalian. Tempatkan focal point atau horizon pada titik persimpangan atau garis pembagi pada grid tersebut! Hal ini akan memberikan komposisi yang lebih menarik, mengingat mata secara naluriah akan menuju poin-poin tersebut. (baca lebih lanjut artikel: Rule of Thirds)

2. Usahakan Sesederhana mungkin
Sering mendengar kata-kata “Less is More” bukan? 🙂 Jadi sebisa mungkin jangan terlalu memenuhi frame dengan terlalu banyak obyek dan usahakan foto Sobat sesederhana mungkin. Cobalah untuk memasukkan tidak lebih dari Tiga warna atau focal point dalam foto kalian, dan pastikan juga background tidak memiliki benda atau obyek yang bisa mengalihkan perhatian penikmat foto dari subyek utama foto.

3. Focal Point pada foreground
Ketika Sobat memotret landscape atau arsitektur, cobalah untuk menyertakan obyek yang menarik di foreground. Hal ini akan membantu para penikmat foto untuk melihat keseluruhan gambar serta subyek utama foto kalian. Sobat juga bisa mencari garis pemandu semacam jalan setapak atau pagar untuk mengarahkan penikmat foto ke area sentral.

4. Berkeliling
Posisikan diri Sobat dan lakukan eksperimen dengan memotret menggunakan angle yang berbeda. Berbaring di lantai dan memotret dari sudut rendah untuk mendapatkan hasil dramatis, atau cari tempat tinggi dan potretlah dari sudut atas, tentu angle tersebut tidak umum untuk dilihat orang lain bukan?

5. Batasi jumlah jepretan
Cobalah untuk lebih selektif pada fotografi kalian, dan hindari mengambil terlalu banyak foto. Berhentilah sejenak, lihat pengaturan kalian serta komposisikan frame sebelum menekan tombol shutter.

25 Rahasia Foto Hebat Bag. 2
25 Rahasia Foto Hebat Bag. 3
25 Rahasia Foto Hebat Bag. 4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here